Adapun penyusunan RPP masih merupakan kewenangan bagi setiap guru mata pelajaran.Berikut ini merupakan contoh format dari RPP mata pelajaran kimia.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA ...........
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/Dua
Materi pokok : Larutan elektrolit dan Non
elektrolit
Alokasi Waktu : 1 x 3
JP
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8
Menganalisis sifat larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Indikator:
1. Menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non
elektrolit
2. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
dan non elektrolit melalui percobaan
3. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit
dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran
listriknya
4. Menjelaskan penyebab
kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
5. Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
Indikator:
1. Merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
2. Melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
3. Mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
4. Menganalisis data hasil percobaan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
5. Menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
6. Menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa
ion atau senyawa kovalen polar
7. Mengkomunikasikan hasil percobaan larutan elektrolit dan
non elektrolit
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyadari adanya keteraturan sifat
hantar listrik pada larutan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2. Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan
sosial) dalam diskusi kelompok
3. Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap
menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan
tanggung jawab
4. Siswa dapat menyebutkan pengertian larutan
elektrolit dan non elektrolit
5. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan
elektrolit dan iswnon elektrolit
melalui percobaan
6. Siswa dapat mengelompokkan larutan ke dalam
larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
7. Siswa dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan
elektrolit menghantarkan arus listrik
8. Siswa dapat mendeskripsikan bahwa larutan
elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
9. Siswa dapat merancang percobaan untuk
menyelidiki sifat larutan berdasarkan
daya hantar listriknya
10. Siswa dapat melakukan percobaan.daya hantar
listrik pada beberapa larutan.
11. Siswa dapat mengamati dan mencatat data hasil
percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
12. Siswa dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit
dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
13. Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan
larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit.
14. Siswa dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan
daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
o
Konduktor
o
Isolator
o
Pelarut
o
Terlarut
·
Konsep
o
Larutan
o
Larutan
elektrolit
o
Larutan
non elektrolit
o
Reaksi
o
ionisasi
·
Prinsip
o
Peran
ion dalam hantaran listrik larutan(teori
Arrhenius)
o
Kekuatan
elektrolit
o
Prosedur
o
Langkah
kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan
Suatu larutan yang
dapat menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit. Kekuatan
menghantarkan listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan
tersebut. Semakin banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya. Hal
ini disebabkan oleh derajat ionisasi zat yang terlarut.
1.
LARUTAN
ELEKTROLIT KUAT
·
Mempunyai derajat ionisasi 1 (= 1 )
·
Terion sempurna
Contoh : HCl(aq), H2SO4(aq),
NaCl(aq), NaOH(aq)
HCl(aq) à
H+(aq) + Cl-(aq)
NaCl(aq) à
Na+(aq) + Cl-(aq)
H2SO4(aq) à2H+(aq) + SO42-(aq)
NaOH(aq)àNa+(aq)
+ OH-(aq)
2.
LARUTAN
ELEKTROLIT LEMAH
·
Mempunyai derajat ionisasi ( 0<< 1 )
·
Terion sebagian
Contoh : CH3COOH(aq),
NH4OH(aq)
CH3COOH(aq) CH3COO-(aq) + H+(aq)
NH4OH(aq) NH4+(aq)
+ OH-(aq)
3.
LARUTAN
NON ELEKTROLIT
·
Mempunyai derajat ionisasi ( = 0 )
·
Tidak terion
Contoh
: CO(NH2)2(aq), C12H22O11(aq)
CO(NH2)2(aq)
àCO(NH2)2(aq)
( tidak terion )
C12H22O11(aq)
à C12H22O11(aq)
( tidak terion )
4. JENIS SENYAWA ELEKTROLIT
No
|
Jenis Senyawa
|
Sifat Senyawa
( elektrolit / non elektrolit )
|
||
Padat
|
Lelehan
|
Larutan
|
||
1.
2.
|
Senyawa ion (NaCl, MgCl2)
Senyawa kovalen polar (HCl, HBr)
|
Non elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Elektrolit
|
Pada senyawa ion
yang berwujud lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan
pada wujud padat tidak. Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud
larutanlah yang ionnya dapat bergerak bebas. Jadi sifat elektrolit suatu
senyawa ditentukan oleh ionnya.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Eksperimen
2.
Diskusi Kelompok
3.
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media.
Bahan Tayang
2.
Alat/Bahan
alat uji elektrolit, gelas kimia, Beberapa sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
3.
Sumber Belajar
§ Michael Purba, Kimia Kelas X
SMA /MA , Erlangga ,Jakarta
§ Supplement
books:
·
Cerdas
Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo Media Pratama, 2008
·
buku pegangan Kimia jilid 1, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa, dan
hands out
·
Lembar kerja
§ Internet
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
|
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
A.
Pendahuluan
1) Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2) Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan
larutan asam cuka
3) Guru memotivasi siswa tayangan
video “Nelayan”
4)
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
5)
Guru menagih secara lisan tugas baca dan mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
15’
|
Guru menagih secara lisan tugas baca dan tugas mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
B.
Kegiatan Inti Guru
1. Siswa diminta mengkaji
literatur tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.
2. Guru mengajukan pertanyaan apakah semua larutan dapat
menghantarkan arus listrik? Mengapa ikan di sungai bisa mati tersengat arus
listrik? Apa manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan?
3.
Siswa diminta merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik dan mempresentasikan
hasilnya untuk menyamakan persepsi.
4.
Siswa melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
5. Siswa mengamati
dan mencatat data hasil percobaandaya hantar
listrik pada beberapa larutan.
6.
Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk
menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit).
7.
Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan jenis ikatan
dan menjelaskannya.
8.
Siswa menyimpulkan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
9.
Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang
daya hantar listrik larutan elektrolit
kuat, larutan elektrolit lemah, dan
larutan nonelektrolit.
|
90’
|
|
C.
Penutup
·
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentanglarutan elektrolit dan
nonelektrolit
·
Guru meminta siswa mencatat soal
penugasan mengenai larutan
elektrolit dan nonelektrolit
·
Guru memberikan
tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
|
30’
|
|
|
|
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
- Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Penugasan
-
Soal
Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
Praktik
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
|
Tanjung .....................
Kepala SMA Negeri ........ Guru Mata Pelajaran
KIMIA
............................ ............................
NIP. ........................ NIP.
........................
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :.................................................................................
Kelas/Semester :................................................................................
Tahun Ajaran :................................................................................
Waktu Pengamatan :
...............................................................................
Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung jawab,peduli,responsif, dansantun
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggug
jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1 BT=
kurang
2 MT=
sedang
3 MB=
baik
4 MK=
sangat baik
Lampiran 2
a. Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai
sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Program :
X/M-IPA
Kompetensi :
……………
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
|
|||||||
jjr
|
Disl
|
tgjwb
|
peduli
|
Krjsm
|
juml
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
24
|
4
|
3
|
3
|
10
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
1. Kurang
PresentasiKelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3 Metode Penyajian
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN
2
1.
Jujur
a. Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang
sebenarnya
b. Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu
hadir di kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan
LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati
aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung
jawab
a.
Berusaha
menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya
kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan
permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi
dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga
kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan
rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu
memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada
di sekitarnya
d.
Memberikan
bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja
sama
a.
Mengerjakan
LKS dengan sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan
sikap bersahabat
c.
Berusaha
menemukan solusi permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
d.
Menghargai
pendapat lain
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian
dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan
pencapaian dalam waktu tertentu.
b. Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis
dan diadakan tindak lanjut.
Lampiran 3
Penugasan
·
Membuat peta konsep
tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit
Lampiran 4
Tes Tertulis
1. Berikut adalah data hasil pengujian daya hantar
listrik beberapa larutan:
No
|
Larutan
|
Pengamatan
|
|
Nyala lampu
|
Gelembung gas
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
P
Q
R
S
T
U
V
|
Tidak menyala
Tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
tidak menyala
menyala
|
Ada
Tidak ada
Ada
ada
ada
tidak ada
ada
|
Pasangan
larutan yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah…
A. P dan Q D.
R dan S
B.
Q
dan U E. S dan V
C. R dan T
2. Given that data of experiment as follows.
Solution
|
Lamp
|
Other
Observation
|
1
|
Glowing
|
There
are much gas bubbles
|
2
|
Not Glowing
|
There are gas bubbles
|
3
|
Not
Glowing
|
There
are no gas bubbles
|
4
|
Not Glowing
|
There are gas bubbles
|
5
|
Glowing
|
There
are much gas bubbles
|
The weak Electrolyte are ……
A. 1 and 2 B.
2 and 3 C. 3 and 5
D. 4 and
5 E. 1 and 5
3. Diagram pengujian
elektrolit beberapa larutan sebagai berikut :
Dari gambar merupakan hasil pengujian larutan NaOH dan asam format berturut-turut adalah . . .
A. 1 dan 3 B.2
dan 4 C.3 dan 5
D, 2 dan 3 E.2 dan 5
4. Larutan elektrolit kuat dapat membuat lampu pada
alat uji elektrolit menyala karena….
A.
terurai sebagian menjadi ion-ion
B.terjadi
aliran ion-ion
C.
terbentuk banyak ion-ion
D.
terjadi pegendapan
E.
terurai menjadi gas
5. Elektrolit mempunyai sifat antara lain….
A. tidak menghantarkan listrik
B. dalam keadaan padat menghantarkan arus listrik
C. dalam pelarut bukan air menghantarkan arus listrik
D. dalam pelarut air tidak menghantarkan arus listrik
E. lelehannya dapat menghantarkan arus listrik
6. Dengan menguji elektrolit, elektroda dimasukkan ke
dalam asam klorida. Ternyata lampu
menyala. Hal ini disebabkan ….
A. Asam klorida memperbesar konsentrasi ion H sebagai
syarat penghantar listrik
B. Asam klorida dalam keadaan murni tersusun dari
ion-ion
C. Pelarutan asam klorida dalam air terjadi
pengeluaran electron
D. Asam klorida terionisasi karena adanya arus
listrik
E. Asam klorida terionisasi sebelum elektroda
dihubungkan dengan baterai
7. HCl cair tidak menghantarkan arus listrik
sedangkan larutan HCl dapat menghantarkan arus listrik.Dari fakta tersebut
dapat di simpulkan bahwa….
A.
arus
listrik akan mengalir bila ada air sebagai mediumnya.
B.
air
menimbulkan perubahan pada kekuatan arus listrik
C.
HCl
cair tidak terionisasi tetapi bila dilarutklan dalam air akan terionisasi
D.
adanya
air mengubah HCl yang semula berikatan kovalen menjadi berikatan ion
E.
HCl
cair berikatan kovalen tetapi larutan HCl merupakan senyawa berikatan ion.
8. Perbedaan antara elektrolit kuat dan elektrolit
lemah yang benar adalah…
|
Elektrolit Lemah
|
Elektrolit Kuat
|
A
|
Daya hantar listriknya baik
|
Daya hantar listriknya buruk
|
B
|
Jumlah ionnya sedikit
|
Jumlah ionnya banyak
|
C
|
pH-nya rendah
|
pH-nya tinggi
|
D
|
Terionisasi seluruhnya
|
Terionisasi sebagian
|
E
|
Tidak ada molekul zat terlarut
|
Banyaknya zat terlarut
|
9. Larutan berikut yang merupakan larutan elektrolit
adalah…
A. garam dapur
B. urea C. gula D. glukosa E. susu
10. Kelompok larutan berikut yang semuanya merupakan
elektrolit kuat adalah…
A.
HCl,
HNO3, KClO4, NaBr
B.
CuI2,
H2S, Mg(OH)2, H3PO4
C.
HgSO4,
NH4OH, H2CO3, CH3COOH
D.
NaOH,
K2SO4, HCN, Al(OH)3
E.
CH3COOH,
Sr(OH)2, HCl, CaCl2
11. The
groupfollowsthatallsolutionsincludingweakelectrolyteis...
A.
HCl,
NaCl, NaOH
B.
H2SO4,
NH3, C2H5OH
C.
CO(NH2)2,
CH3COOH, NaOH
D.
CO(NH2)2,
C2H5OH, CH3COOH
E.
HCN,
NH3, CH3COOH
12. Larutan yang tidak dapat menghantarkan arus
listrik adalah…
A. Elektrolit D.
Tawas
B. Nonelektrolit E.
NaCl
C. Garam
13. Some of theelectrolytesolution:
1. NH3(aq) 3.
KCl (aq)
2. HCl (aq) 4.
NaF (aq)
Solutionsfroma covalentcompoundis …
A.1 and 2 C. 1 and 3 E.1
and 4
B. 2 and 3 D.
3 and 4
14. The pairfollowsanelectrolytesolutionionicand
covalentcompoundsare …..
A.
HCl and NH3 D.
NaCl and KCl
B.
NaCl and KBr E. KBr
and HCl
C.
H2SO4 and NH3
15. Berikut ini adalah data fisik 2 buah senyawa tak
dikenal.
Senyawa
|
Titik leleh
|
Daya hantar listrik larutannya
|
Q
|
32oC
|
Tidak menghantarkan listrik
|
R
|
804oC
|
Menghantarkan listrik
|
Jenis ikatan yang membentuk senyawa Q dan senyawa R berturut – turut
adalah ……
A.
Kovalen
polar dan ionic
B.
Kovalen
polar dan kovalen non polar
C.
Ionik
dan ionik
D.
Kovalen
non polar dan ionik
E.
Ionik
dan kovalen non polar
16. Manakah diantara laruta-larutan berikut yang
merupakan konduktor listrik terbaik?
A. Etanol
B. Larutan asam nitrit
C. Air distilasi
D. Larutan gula
E. Tetraklorometana
17. Diantara pasangan senyawa berikut, yang dalam
keadaan padat tidak menghantarkan listrik tapi dalam keadaan cair dan larutan
dapat menghantarkan listrik adalah ……
A. KBr dan HI D.
CCl4 dan KCl
B. HBr dan MgCl2 E. C2H5OH dan HCl
C. NaCl dan CaCl2
18. Manakah di antara senyawa-senyawa berikut dapat menghantarkan
listrik melalui pergerakan ion-ionnya?
A.
Tembaga
B.
Etanol
C.
Grafit
D.
Lelehan
aluminium oksida
E.
Natrium
klorida padat
19. Apakah jenis partikel yang terdapat dalam padatan
dan lelehan timbel(II) bromide ?
Padatan Lelehan
A. Molekul atom
B. Molekul ion
C. Molekul molekul
D. Ion atom
E. Ion ion
20. The correct ionization reactions in an
electrolyte solution of the
following is ......
A.
CH3COOH (aq)à CH3+(aq) + COOH― (aq)
B.
MgCl2 (aq)à Mg2+(aq)
+ Cl2― (aq)
C.
Al2(SO4)3 (aq)à Al22+(aq)
+ SO43― (aq)
D.
AgNO3 (aq) à Ag+(aq)
+ NO3―(aq)
E.
Co(ClO3)3 (aq)à Co3+ (aq)
+ 3 Cl3― (aq)
21. Di antara larutan-larutan berikutyang memiliki
daya hantar listrik terbesar adalah….
A.
CH3COOH
0,3 M D.HCl 0,3 M
B.
NH4OH
0,3 M E. H2SO4
0,3 M
C.
C6H12O6
0,3 M
22. Senyawa di bawah ini yang menghasilkan ion paling
banyak adalah…
A. CH3COOH 0,2 M
B. NH4OH 0,2 M
C. C6H12O6 0,2 M
D. C2H5OH 0,2 M
E. H2SO4 0,2 M
23. Jumlah ion maksimum di dalam 0,2 mol larutan KCl
adalah….
A. 0,5 B. 0,4 C. 0,3 D. 0,2 E. 0,1
24. Jumlah ion maksimum di dalam 0,1 mol larutan Al(NO3)3
adalah….
A. 0,2 B. 0,3 C. 0,4 D. 0,5 E. 0,6
25. possibledegree ofionizationofchloride acid
solution……
A.
0 B. 0,5
C. 1 D. 1,5 E. 2
26. 2 mol zat AB dilarutkan dalam air dan terurai
menjadi ion-ionnya. Jika di dalam
larutan masih terdapat 1 mol molkul AB, derajat ionisasi zat AB adalah…
A.
0,1606 D. 0,6666
B.
0,3303 E. 0,8333
C.
0,500
27. NaCl merupakan contoh dari senyawa …
A. Ion dan non elektrolit
B. Ion dan elektrolit
C. Kovalen dan elektrolit
D. Kovalen dan non elektrolit
E. Yang dapat menghantarkan listrik
28. Suatu zat dengan berat molekul 40 seberat 20 gram
dilarutkan dalam air. Setelah
kesetimbangan zat tersebut tinggal 0,25 mol.
Zat tersebut merupakan…
A. Nonelektrolit D.
elektrolit kovalen
B. Elektrolit kuat E.
elektrolit ionik
C. Elektrolit lemah
29. Pada penghantaran listrik melalui larutan HCl,
ion-ion H+ akan bergerak untuk mengambil electron ke arah…
A.
Anode D. anion
B.
Katode E. elektroda
C. Kation
30. Jika dilakukan pengujian daya hantar listrik ,
larutan yang dapat menyebabkan lampu menyala terang dan menimbulkan gelembung
gas adalah…
A. HBr (aq)
B. CO (NH2)2 (aq)
C. CH3COOH (aq)
D. NH4OH (aq)
E. C6H12O6(aq)
Lampiran 5
· Laporan praktikum
Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
Portofolio/Produk (fokus penilaian
pada) aspek:
1. Visual laporan
2.
kelengkapan.
3. jawaban pertanyaan
Struktur laporan adalah sebagai
berikut
a.
Judul
b.
Tujuan
c.
Landasan teori
d.
Alat dan bahan (sertakan dengan gambar atau
foto)
e.
Langkah kerja
f.
Data percobaan
g.
Jawaban pertanyaan
h.
Kesimpulan
i.
Referensi
Contoh Instrumen Laporan Praktik
No.
|
Kriteria
|
Predikat
|
1.
|
Sesuai tujuan
|
Baik jika 3 terpenuhi (8) - 80
Sedang jika 2
terpenuhi (7) -70
Kurang jika 1 terpenuhi (6) -60
Tdk ada (5)-50
|
2.
|
Sesuai dengan data
|
|
3.
|
Benar/sesuai teori
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar